Bagaimana Cara Kerja Virtual Reality?

Bagaimana Cara Kerja Virtual Reality?

- - Posting Komentar
Virtual Reality atau biasa kita sebut VR merupakah teknologi yang telah ditemukan sejak lama. Diawali dari penemuan mesin Sensorama di awal 1960-an hingga penciptaan headset Oculus Rift yang membuka jalan bagi banyak headset VR yang bisa Anda temukan dipasaran seperti saat ini. Apa yang dulu hanya dimulai sebagai fiksi ilmiah telah menjadi kenyataan, dengan teknologi VR yang memungkinkan Anda untuk dapat membenamkan diri dalam lingkungan yang mirip dengan kenyataan atau sangat fantastik melalui media visual.

Saat ini, kita dapat mengalami sensasi realitas virtual melalui media seperti game dan aplikasi ataupun juga melalui beberapa video di youtube. Teknologi ini juga membuat kehadirannya dikenal di industri film, dengan pembuat film memasukkan realitas virtual ke dalam film dokumenter dan film animasi membuat para penonton bisa lebih merasakan sensasi yang mirip dengan apa yang ada di film. Bahkan Facebook dan YouTube juga telah mengambil keuntungan dari VR dengan mengembangkan video 360 derajat. Yap, dalam hal ini Anda juga bisa menggunakan Google Street View atau Maps.

Dalam artikel ini, kita akan membahas cara kerja dari Virtual Reality dan bagaimana orang dapat memanfaatkan teknologi ini, baik untuk hiburan, akademik atau untuk keperluan praktis di dunia nyata. Tapi pertama-tama, mari kita bahas apa sebenarnya pengertian dari VR itu sendiri.

Apa itu Virtual Reality?

Bagaimana Cara Kerja Virtual Reality

Realitas virtual atau Virtual Reality memungkinkan pengguna untuk mengeksplorasi dan berinteraksi dalam lingkungan tiga dimensi yang dihasilkan oleh komputer. Teknologi saat ini menggunakan headset VR atau lingkungan multi-proyeksi, dan terkadang juga tampil dalam kombinasi dengan alat peraga atau lingkungan fisik, untuk menghasilkan gambar, suara, dan sensasi lain yang sangat realistis. Begitu berada di dalam lingkungan immersive, pengguna dapat melakukan tindakan tertentu, seperti bergerak di sekitar, memanipulasi objek, dan memanfaatkan fitur imajiner lainnya yang ditemukan di dunia buatan yang imajinatif ini.

Melampaui aspek teknisnya, realitas virtual dianggap sebagai jenis tertentu dari persaingan realitas. Definisi istilah ini berasal dari kata "virtual," yang berarti dekat dan "kenyataan," yang berkaitan dengan pengalaman dunia nyata kita. Baik indera kita dan bagian-bagian otak kita yang terlibat dalam persepsi sensorik menentukan persepsi kita tentang realitas. Karena itu, ketika otak diberi informasi yang dibuat-buat, itu dapat mengubah persepsi kita tentang kenyataan. Dengan kata lain persepsi kita tertipu seolah apa yang kita lihat adalah kenyataan.

Bagaimana Cara Kerja Virtual Relity?

Bagaimana Cara Kerja Virtual Reality

Saat ini, headset VR menerima input dari dua sumber yang berbeda: bisa berasal kabel HDMI yang terhubung ke PC atau konsol atau juga bisa menggunakan smartphone. Yang pertama berlaku untuk headset seperti HTC Vive dan Oculus Rift, sedangkan yang kedua digunakan dengan Google Daydream dan headset Samsung Gear VR atau versi yang lebih merakyat adalah Google Virtual Box yang bahanya terbuat dari kardus dan lensa. Anda juga dapat menghubungkan perangkat lain — seperti pelacakan kepala dan tangan, kontroler, dan input suara — ke headset VR Anda.

Setelah Anda siap menggunakan headset VR Anda, inilah yang terjadi di dalamnya :

Saat Anda memakai VR, akan ada satu atau dua layar per mata yang menerima dua umpan, serta lensa autofokus yang diposisikan di antara layar headset dan mata Anda yang juga dapat disesuaikan tergantung pada gerakan mata dan posisi. Fungsinya yaitu untuk melakukan pemfokusan gambar dan pembentukan kembali untuk setiap mata, dan memiringkan dua gambar 2D untuk menghasilkan gambar 3D stereoskopis yang meniru cara mata kita saat memandang dunia nyata.

Beberapa headset VR memiliki bidang pandang 100 atau 110 derajat minimum untuk pengalaman VR yang lebih mendalam yang tentunya harga VR tersebut akan lebih mahal. Adapun gambar yang dihasilkan oleh perangkat ini, frame rate minimum 60fps diperlukan untuk membuatnya meyakinkan tanpa membuat pengguna merasa mual.

Apa itu Headset Virtual Reality?

Bagaimana Cara Kerja Virtual Reality

Headset VR adalah bentuk tampilan head-up (HUD). Mereka memungkinkan pengguna untuk membenamkan diri dalam lingkungan imajiner melalui pandangan orang pertama (First Person View).

Teknologi pada headset VR ini memiliki fitur seperti pelacakan tatapan mata, sensor inframerah, giroskop, dan akselerometer yang secara alami menggerakkan sudut pandang pengguna. Suara stereo (untuk aplikasi seluler) dan surround atau 3D juga dapat diterapkan pada headset ini. Namun, aplikasi dan headset VR mengalami masalah dalam pengembangannya, dengan beberapa pengguna mengalami “virtual reality sickness” atau mabuk VR yaitu gangguan karena menggunakan VR dan gejala yang paling umum adalah sakit kepala, mual, dan muntah

Beberapa headset VR paling populer di pasaran saat ini :

  • Samsung Gear VR - Gear VR menggunakan teknologi Oculus VR dan kompatibel dengan model Galaxy S6, S7, dan Note 7.
  • Oculus Rift - Headset ini memiliki teknologi pemosisian untuk pergerakan fisik dalam ruang 3D, serta kontroler sentuh.
  • HoloLens - Headset VR buatan Microsoft yang menawarkan suara spasial 3D, konektivitas Wi-Fi, sistem penginderaan spasial 120 derajat yang tertanam dalam kamera (yang mirip dengan kamera di perangkat Kinect ), giroskop, akselerometer, dan layar transparan untuk kedua mata.
  • PlayStation VR - Seperti namanya, PlayStation VR kompatibel dengan konsol game PlayStation 4 Sony yang dapat dikendalikan menggunakan pengontrol DualShock 4 PS4 dan PlayStation

Apa Manfaat Dari Virtual Relity?

Realitas virtual hadir di berbagai bidang, seperti hiburan, pemasaran, pendidikan, dan kedokteran, meskipun game tetap menjadi salah satu kegunaan paling populer untuk teknologi. Misalnya, pasukan militer menggunakan VR untuk simulasi penerbangan, medan perang, dan kendaraan, serta pelatihan medis dan kamp pelatihan virtual. Ini juga membantu mereka mengurangi biaya pelatihan dan menciptakan kembali kondisi pelatihan dengan aman.

VR banyak digunakan dalam pelatihan kesehatan mental dan medis, dan digunakan untuk mengobati stres pasca-trauma, kecemasan, fobia, dan depresi. dalam bidang kedokteran, dapat memungkinkan dokter magang/pemula belajar sebelum melakukan operasi dan prosedur lainnya.

Di bidang pendidikan, VR memungkinkan siswa untuk berinteraksi satu sama lain di lingkungan 3D. Museum, tata surya, dan periode waktu bersejarah yang sebelumya didak mungkin dikunjungi menjadi memungkinkan dengan adanya teknologi ini. Teknologi ini juga dapat mendorong anak-anak dengan kebutuhan khusus untuk melatih keterampilan sosial mereka.

Seperti Apa Tampilan Realitas Virtual?

Bagaimana Cara Kerja Virtual Reality

Pernah bertanya-tanya seperti apa lingkungan yang imersif dan luar biasa itu? Video di atas adalah video sejarah untuk menciptakan kembali pertandingan gladiator di Colosseum Roma pada zaman kuno. Ini memungkinkan pengguna untuk berkeliaran di sekitar stadion sambil belajar tentang sejarahnya dan bagaimana pembuatannya seperti menontoh sebuah sejarah.

Contoh film dengan tema sci-fi yang menggunakan konsep VR adalah film Ready Player One yang telah memenangkan 1 piala oscar dan 51 nominasi pada tahun 2018 yang lalu.

Tidak ada komentar untuk " Bagaimana Cara Kerja Virtual Reality?"